Selasa, Maret 07, 2017

Sayur Labu Siang


Nikmati Santap Siang Kamu dengan Resep Sayur Labu Siam

Labu siam atau jipang merupakan salah satu tumbuhan dari suku labu-labuan yang mungkin sering Sahabat Merahputih temukan di pasar tradisional.

Biasanya buah dari labu siam ini dijadikan sebagai lalapan bersama dengan sambal terasi ataupun menjadi salah satu bahan untuk membuat sayur.

Labu siam juga memang memiliki banyak manfaat, misalnya dapat membantu menurunkan berat badan, mencegah sembelit ataupun dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, banyak ibu rumah tangga yang mengonsumsi sayuran ini, karena baik untuk kesehatan. Nah, mungkin salah satu resep ini bisa juga bisa jadi rekomendasi buat Kalian yang ingin membuat sayur dari olahan labu siam seperti berikut:

Bahan yang diperlukan:

1. 1 buah labu siam berukuran sedang2. 50 gr daging sapi3. 50 gr tempe4. 200 ml santan encer5. 1 batang sereh, 1 lembar daun salam, dan 1 buah asam kandis6. 250 ml Air 7. 1 sdt garam, 1 sdt lada, dan 1 sdm gula

Bumbu-bumbu yang dihaluskan seperti:

1. 4 siung bawang merah2. 3 buah cabai merah besar3. 2 siung bawang putih4. 3 cm kunyit5. 1 cm lengkuas6. 1/2 sdt ketumbar7. 1 cm terasi, bakar8. 1 sdt minyak

Cara pembuatannya:

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, kemiri, terasi, cabai merah dan garam lalu tambahkan sedikit air.2. Belah labu siam menjadi 2, lalu usapkan satu sama lain hingga mengeluarkan getah, bilas lalu iris-iris.3. Panaskan 3 sdm minyak, masukkan bumbu halus, sereh, daun salam, asam kandis, potongan daging dan potongan tempe, lalu aduk rata.4. Tambakan irisan labu siam, cabai merah, lengkuas, air dan santan.5. Masak hingga mendidih atau hingga labu siam matang lalu bumbui dengan garam, lada dan gula, kembali di aduk rata, selanjutnya sayur labu siam siap disajikan.

 

Resep dan foto : zahrina idzni Kuliner Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar