Senin, September 19, 2016

Tips mudah memasak dengan slow cooker

TabloidNova.com - Kini, semakin banyak peralatan memasak elektronik beredar di pasaran. Salah satu yang kerap ditemui adalah slow cooker. Bagaimana cara tepat penggunaannya, ikuti tips mudah memasak dengan slow cooker berikut.

1. Masukkan Bahan Sekaligus 

Salah satu cara memasak satu langkah diperagakan kebanyakan resep dengan slow cooker. Jika Anda ingin menguji resep dengan alat masak ini sebaiknya carilah resep tanpa pra-persiapan. Misalnya, carilah resep sup atau rebusan.  Anda dapat memasukkan seluruh bahan sekaligus dan membiarkan semua matang bersama. Kendati demikian, untuk aroma bawang bombay yang lebih sedap Anda dapat mematangkannya dahulu sebelum memasukkan ke dalam slow cooker.

2. Persiapkan Sebelumnya

Jika Anda tak memiliki cukup banyak waktu di pagi hari, persiapkan seluruh kebutuhan untuk memasak di malam hari. Masukkan semua ke dalam mangkuk slow cooker, tutup dan simpan dalam lemari es. Idealnya, bahan makanan berada dalam suhu ruangan.
Saat terbangun di pagi hari, keluarkan bahan tersebut dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Masukkan ke dalam slow cooker dan nyalakan. Jika Anda butuh memanaskan masakan terlebih dahulu, gunakan mangkuk atau wadah yang berbeda lalu pindahkan ke mangkuk slow cooker di pagi hari dan panaskan.

3.  Daging Sedikit Saja

Tahukah Anda, slow cooker merupakan salah satu cara murah dalam memasak makanan beraroma daging? Cukup tambahkan sedikit daging saja dalam masakan sayuran atau yang lain, dengan slow cooker hidangan akan teresapi aroma daging yang ditambahkan. Ini dikarenakan cara memasak lambat menebar aroma daging lebih kuat ke seluruh masakan.
Slow cooker juga cocok digunakan untuk memasak daging tak mahal seperti, daging sandung lamur, daging bahu domba, maupun paha ayam.

4. Pangkas Lemak dan Minyak

Cara memasak dengan slow cooker sangat menguntungkan karena sangat sehat dan hemat penggunaan minyak. Tak perlu memasukkan daging penuh lemak maupun menambahkan banyak minyak dalam proses memasak dengan peranti ini. Lemak dari daging tidak akan menguap pergi seperti halnya ketika Anda menumis daging tersebut. Masakan pun cukup mendapatkan lelehan minyak dari daging yang dimasak bersama walau tak ditambahkan minyak.

5. Kurangi Penggunaan Air

Memasak menggunakan slow cooker juga menghemat penggunaan cairan. Karena slow cooker memiliki tutup rapat, cairan tidak akan menguap sebagaimana Anda merebus masakan dengan panci.
Jika Anda memasak dengan resep masakan berkuah, kurangi sepertiga penggunaan cairan  dalam resep biasa. Atau, jangan sampai melebihi tiga perempat volume mangkuk slow cooker saat memasak masakan berkuah.

6. Dapat Dikentalkan

Jika ingin kuah dari masakan  mengental, Anda dapat menggulung daging terlebih dahulu dengan tepung bumbu sebelum memasak dalam slow cooker. Atau, tambahkan maizena saat proses memasak hampir selesai. Caranya, campur satu hingga dua sendok teh maizena dalam sedikit air dingin. Campurkan dalam masakan yang mendidih dan tutup kembali.

7. Biarkan Saja

Slow cooker dirancang untuk memasak otomatis sehingga Anda tidak perlu terus memeriksa masakan. Biarkan masakan matang dengan waktu tertentu, karena setiap kali tutup dibuka  maka  panas akan terlepas. Jika Anda terus melakukan ini, akan  meningkatkan waktu memasak.

8. Kapan  Menambahkan Bahan

Idealnya pilih resep yang sebagian besar bahan dapat ditambahkan sejak awal, sehingga Anda bebas untuk melakukan hal-hal lain. Namun dalam beberapa jenis masakan ada bahan yang perlu ditambahkan jelang akhir memasak, seperti, pasta, beras, dan rempah segar.
Laili Damayanti / Sumber: BBC Good Food

Tidak ada komentar:

Posting Komentar