Kamis, September 01, 2016

Seblak Kerupuk Copas Aneka Resep Makanan

Bahan-Bahan Membuat Seblak Kerupuk :

Kerupuk bawang sebanyak 200 gram (Anda juga bisa menggunakan kerupuk udang dan kerupuk ikan. Mengkombinasikan ketiga jenis kerupuk pun bukan masalah)Kaldu ayam, sapi, atau ikan sebanyak 500 ml (Menggantinya dengan air biasa juga bisa dilakukan)Daun bawangTambahan topping (bakso, sosis, daging ayam, kikil, atau ceker)

Bumbu Seblak Kerupuk Basah yang Dihaluskan :

Cabe rawit 2 buah (dapat disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang Anda sukai)Cabe merah besar 3 buahTomat berukuran sedang sebanyak 1 buah (opsional)Bawang merah sekitar 5-6 siungBawang putih sekitar 5-6 siungKencur sebesar ruas ibu jari

Bumbu Seblak Kerupuk Basah Tambahan :

Minyak untuk menumisGaramMerica bubukGula pasirKecap manisSaus tomat (bisa digunakan atau tidak)Gula merah (jika ada)

Cara Membuat Seblak Kerupuk Basah :

Siapkan seblak kerupuk dulu agar menjadi kenyal. Ambil panci dan isi dengan air biasa. Panaskan hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan kerupuk tadi dan tunggu 8-10 menit hingga setengah matang. Cara membuat seblak kerupuk basah tidak disarankan terlalu lama karena kerupuk akan mudah hancur ketika nanti dimasak dengan bumbu-bumbu lainnya. Setelah dirasa sudah setengah matang, angkat dan tiriskan. Siram dengan air matang dengan suhu ruangan, kemudian sisihkan sejenak.Panaskan wajan dengan minyak secukupnya. Setelah minyak siap untuk dipakai menumis, masukkan bumbu yang sebelumnya telah dihaluskan.Tambahkan tumisan bumbu dengan kerupuk yang sudah direbus. Aduk sebentar dan sesuaikan rasanya dengan bumbu-bumbu tambahan.Tambahkan topping bakso, sosis, sayuran, kikil, ceker maupun daging ayam sesuai yang Anda diinginkan. Terkhusus jika Anda ingin menambahkan ceker sebagai topping pilihan Anda, pastikan Anda sudah terlebih dahulu merebusnya dan ceker sudah dalam keadaan empuk.Tunggu beberapa menit kemudian angkat dan sajikan dalam piring atau mangkuk. Tambahkan irisan daun bawang maupun taburan bawang goreng jika dikehendaki.Masakan Seblak Lain — bersama Pujiani Cahyani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar