Sabtu, Februari 06, 2016

Obat Tradisional: Daun Insulin

Pernah dengar tentang daun insulin? Daun yang konon dapat menurunkan gula darah pada pasien diabetes.

Ada dua macam yang saat ini beredar dalam berbagai kemasan yaitu paitan dan yacon. Paitan atau nama generiknya tithonia diversifolia dan yacon atau smallanthus sonchifolius merupakan tanaman perdu yang mudah sekali tumbuh lebat.

Paitan ini sdh terkenal di jawa dan mendapat nama dagangnya pait-an. Tanaman yg sangat mudah tumbuh, dengan bunga yg menyerupai bunga matahari. Jarang di budidaya dan saking mudah tumbuhnya sering disebut gulma paitan.

Apakah paitan bisa nurunin kadar gula? Bisa memang. Pada tikus, tanaman ini terbukti bisa menurunkan kadar gula puasa. Tapi.. ada juga efek toksiknya terhadap ginjal dan liver. Terbukti menaikkan kadar sgot dan sgpt dlm darah atau marker stressor thd liver. Jadi di paitan ini melukai liver dan mungkin jg ginjal diluar manfaatnya menurunkan kadar gula puasa.

Bagaimana dengan yacon? Tanaman yacon menghasilkan umbi2an yg saat ini lg ngetrend di jepang kabarnya. Umbi yg manis namun tdk menaikkan kadar gula darah karena mengandung fruktooligosakarida (FOS) yg tdk mudah di ubah menjadi gula oleh saliva dan lambung, rendah kalori dan kaya serat.
Selain itu dengan makan umbi2an yakon ini kadar glukosa puasa bisa lebih terkendali.

Itu baru umbinya.. bagaimana dengan daunnya? Daunnya mempunyai khasiat antioksidan, sitoprotektif dan bisa menurunkan kadar gula sesudah makan karena mempunyai efek seperti insulin.. dan dengan dosis yg tepat bisa mempunyai efek sama spt insulin.. dan memang sdh ada satu kasus hipoglikemia akibat daun insulin di rs rawalumbu.. hehe.. Efek toksik thd liver..? Yacon lebih aman dari paitan sepertinya.

Seperti energi baru dan terbarukan, daun insulin dan umbi insulin dari yacon semestinya mjd obat masa depan.. bukan obat kimiawi.. tapi obat alami persembahan alam untuk manusia.. karunia dari sang Maha Pencipta..

Semoga ada peneliti Indonesia yg mau mengembangkannya..

Sekian terimakasih.

Semoga bermanfaat ya sobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar