Sabtu, September 19, 2015

Empek2 Kulit Ikan Tenggiri (Tuti Yuniati Adiwirya)

Empek2 Kulit Ikan Tenggiri
(Tuti Yuniati Adiwirya)

Bahan :
- 1 kg  kulit ikan tenggiri yang sudah digiling (saya tidak pernah pakai kulit ikan yang lain selain tenggiri, jangan tanya bisa diganti atau tidak ya :) 
- adonan biang : 2 sendok makan terigu dicampur dg segelas air aduk rata masak dengan api kecil hingga mengental, sisihkan ( ini adonan biang supaya empek2nya tidak keras )
- bumbu : 7 siung bawang putih, merica, garam
- 750 gram sagu tani buat adonan
- 250 gram sagu tani untuk dilumuri di telapak tangan pada saat membentuk empek2
- 1 gelas air
- daun bawang iris halus secukupnya
- Minyak untuk menggoreng.

Cara membuat :
Campurkan bumbu bawang putih, air, aduk rata , masukkan kulit ikan tenggiri, adonan biang, aduk rata. Tambahkan sagu sedikit demi sedikit, sampai sagu yang 750 gram tadi itu habis tambahkan irisan daun bawang. Tekstur adonan lembek tidak sampai kalis , tidak masalah adonan masih lengket. Karena nanti pada saat membentuk bulatan adonan empek2, telapak tangan lumuri dg sagu . Saya buat adonan empek2 pakai sendok kayu. Tidak langsung diuleni pakai telapak tangan, supaya empek2 tidak keras. Panaskan minyak goreng. Siapkan tepung sagu kering di mangkuk atau piring. Ambil 1 sendok makan adonan empek2 kulit lumuri sagu kering sambil adonannya di pipihkan. Goreng dengan minyak panas. Setelah matang. Angkat tiriskan. Hidangkan dengan kuah cuko

KUAH CUKO
- 15 bh cabe rawit,
- 7 siung bawang putih, garam, haluskan.
Rebus 1 liter air, tambahkan 1/2 kg gula aren, 1 sdm asam jawa larutkan dengan air.  buang ampasnya, setelah mendidih masukan cabe rawit dan bawang putih, aduk sebentar. Matikan kompor. Dinginkan kuah cuko..saring buang ampasnya.

Terimakasih resepnya mba tuti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar