Minggu, April 10, 2016

Sejarah Insulin-dr Agni SpPD

Sejarah insulin

Kadar gula darah yang tinggi pada diabetesian atau penyandang diabetes sering menolak dengan keras penggunaan insulin. Ada yang takut proses penyuntikannya, ada yg takut ketagihan dan sebagian takut haram karena mengandung unsur babi.

Sekarang insulin yang banyak beredar dan diresepkan dokter dan masuk bpjs itu analog insulin. Sepertinya tidak mengandung unsur babi. Protein yg menyusun insulin ini di rakit di laboratorium, bukan hasil ekstrak dari babi atau sapi.

Insulin ini adalah protein dengan susunan asam amino tertentu. Sungguh menarik bagaimana awal insulin yg dipakai diduna medis adalah hasil ekstrak organ binatang tertentu (babi atau sapi), dengan 2 ton pankreas binatang hanya bisa di hasilkan 8 ons insulin murni. Dan insulin hasil ekstrak ini sering ditolak oleh tubuh manusia karena adanya ketidak sesuaian.

Industri insulin besar besaran dimulai ketika Lilly memulai produksi insulin humulin. Ini yg pernah ditanyakan pasien saya, humulin atau human insulin ini apa Dok?.. eng ing eng.. maaf saat itu saya belum membacanya.. hiks.

Humulin atau human insulin ini adlahpembuatan insulin oleh bakteri e coli, atau bakteri di usus besar kita dan di buang dlam feses kita. E coli disuntikkan DNA manusia dan kemudian si bakteri dari pup kita ini memproduksi insulin dlm jumlah besar. Bukan dari plasenta bayi loh.. lol. Ada juga human insulin yg diproduksi dgn menggunakan ragi atau jamur. Bisa baca sendiri di link bawah.. seru deh.

Humulin ini sekarang pun sudah mulai kita tinggalkan. Sekarang kita lebih banyak menggunakan analog insulin. Jadi insulin analog ini bukan hasil ekstrak insuline dari pankreas binatang, atau hasil produksi masif dari bakteri e coli atau jamur.

Analog insulin bebas dari babi dan sapi, bebas dari protein e coli dan jamur dan penolakan dari tubuh manusia pun lebih kecil. Sehingga insulin analog atau buatan di laboratorium ini pun menjadi pilihan petugas kesehatan utk pasien diabetisiannya.

Apakah insulin analog ini bebas dari unsur babi.. hmmm... bentar tak baca lagi..

Paling enggak sudah taulah dari mana human insulin itu di buat. Jelas bukan dari pankreas manusia. 😂😂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar