Kamis, April 28, 2016

Burgo

Burgo adalah salah satu makanan khas daerah Palembang yang biasanya dnikmati untuk sarapan. Dalam sepiring sajian ini ada potongan burgo, potongan laksan, telur rebus, emping, sambal, taburan bawang goreng dan irisan daun kucai yang kemudian disiram kuah santan berbumbu dicampur sedikit daging ikan giling.

Sebenernya saya lebih suka burgo dengan kuah kuning seperti kuah celimpungan tapi kali ni saya bikin kuah yang memang beneran kuah untuk burgo, tanpa kunyit. Rasanya jelas beda dengan kuah kuning tapi yaa tergantung selera juga lah yaaa..

Dari 250 gr tepung beras, dapat 3 gulungan burgo diameter 20 cm. Bisa untuk 3 piring sajian sarapan...nyamm nyaamm..yuukk sarapan....

Burgo by me

Bahan:

250 gr tepung beras kemasan

50 gr tepung sagu/tapioka

Garam secukupnya

1 sdm air kapur sirih agar burgo lbh putih dan padat (bisa di skip)

250 ml air panas

250 ml air biasa

Cara buat burgo:

Aduk rata tepung beras dan garam. Ambil sebagian, tuang air panas, aduk rata, baru campurkan dg sisa tepung beras dan sagu,beri air biasa dan air kapur sirih. Bila masih kental bisa ditambahkan air lagi tapi jgn terlalu encer.

Panaskan kukusan, olesi minyak diloyang bulat dia. 20 cm lalu tuang 3 sendok sayur adonan. Kukus kurleb 5 menit, angkat tunggu uap panasnya hilang lalu gulung dgn bantuan spatula.(kalo adonan lengket spatula buat menggulung bisa dicelupkan ke air biasa). Lakukan hingga adonan habis. Hasilnya 3 gulung burgo.

Bahan kuah:

2 kotak kara

2 gelas air

7 btr bwg merah

5 btr bwg putih

2 cm kencur

1 sdt ketumbar bubuk

1 sdt merica bubuk

3 btr kemiri

1 ruas jari jahe

1 ruas jari lengkuas

3 lbr daun salam

1 ekor ikan gabus uk.kecil, siangi, bersihkan, kukus, ambil dagingnya, haluskan

Gula dan Garam secukupnya

Penyedap rasa

Bahan pelengkap:

Laksan

Telur rebus

Emping

Bawang goreng

5 btg daun kucai, iris halus

10 cabe merah dihaluskan + garam utk dibuat sambal

Cara buat: 

haluskan bumbu selain kara, air dan daun dalam

rebus bumbu dg air yg sudah dicampur kara, beri gula,garam, penyedap rasa,dan daging ikan, masak sampai mendidih. angkat.

Penyajian: ambil 1 gulung burgo, potong-potong, letakkan di piring, tambahkan laksan dan telur rebus, siram dg kuah santan dan taburi dg bawang goreng, daun kucai dan emping ditambah sambal.

Titin Alwi di 07.30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar